Mengenal Organ Vital Kita : Paru-Paru





Paru-paru merupakan salah satu organ vital manusia, karena tanpa paru-paru manusia tidak akan bisa hidup. Jantungparu.blogspot.com

Anatomi Paru-paru Manusia

Paru-paru manusia terletak di dalam rongga dada, kanan dan kiri. Terdiri dari 5 lobus, 3 di paru sebelah kanan dan 2 lobus di sebelah kiri. Selain itu paru-paru dilapisi oleh selaput tipis yang disebut sebagai Pleura. Pleura ini terdiri dari 2 lapisan, yaitu pleura parietalis dan visceralis yang membentuk ruang yang disebut rongga pleura (cavum pleura). Rongga Pleura ini berisi cairan pelumas dengan jumlah yang sedikit yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antara paru-paru dan dinding dada. Pada beberapa kondisi penyakit, rongga pleura ini bisa berisi cairan yang agak banyak, darah, nanah, bahkan udara yang akan mengganggu pergerakan paru-paru.

hasil ronsen dada manusia

Di antara kedua paru-paru ada ruangan namanya mediastinum, ruangan ini ditempati oleh jantung dan pembuluh darah besar lainnya. 


Seperti yang kita ketahui, paru-paru merupakan tempat pertukaran karbondioksida dan oksigen dalam darah. Oleh karena itu sudah pasti di dalam paru-paru banyak pembuluh darah, banyak cabang-cabang saluran nafas dan banyak jaringan sel-sel paru-paru.


Secara garis besar, aliran udara dalam paru-paru dimulai dari rongga hidung, kemudian masuk ke tenggorokan lalu ke trakea kemudian bercabang menjadi 2 kanan dan kiri, masing-masing akan masuk ke dalam jaringan paru-paru sebelah kanan dan kiri dalam bentuk bronkus, kemudian bercabang lagi menjadi cabang yang lebih kecil bronkiolus kemudian alveolus.


Demikianlah Gambaran singkat tentang paru-paru manusia, semoga bermanfaat



0 Response to "Mengenal Organ Vital Kita : Paru-Paru"

Post a Comment

Kometar akan dimoderasi dahulu.
Pergunakan kata-kata yang baik dan sopan
Komentar berupa pertanyaan akan dijawab langsung oleh dokter