10 Jenis Makanan yang dapat Menurunkan Tekanan Darah Anda





Darah tinggi atau hipertensi memang sudah menjadi penyakit terbanyak yang dialami oleh penduduk Indonesia. Padahal kalau dilihat, ternyata Indonesia adalah negara yang kaya makanan yang mengandung obat anti hipertensi alami lho...

Ada sayur-sayuran, ada buah-buahan dan ada obat alami yang sudah diteliti sebagai obat antihipertensi alami. Berikut adalah bahan makanan yang mempunyai efek anti hipertensi alami yang banyak orang tidak tahu : 

# Sayuran Penurun Tekanan Darah

Secara umum sayuran yang berwarna hijau mempunyai efek menurunkan tekanan darah, namun ada beberapa sayuran yang memang sudah dirasakan manfaatnya sebagai penurun tekanan darah, berikut nama sayuran yang dapat menurunkan tekanan darah :

1. Kentang

Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat yang cukup terkenal di Indonesia. Kentang juga mudah dijumpai di pasar pasar tradisional. Kentang, selain sebagai sumber karbohidrat, ternyata juga bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini karena kentang mengandung natrium dalam jumlah rendah dan kalium dalam jumlah yang cukup tinggi. Kandungan tersebut akan membantu tubuh untuk mengatur tekanan darah. Selain itu, kentang juga mengandung magnesium dalam jumlah yang cukup, untuk membantu melancarkan aliran darah dan memelihata keseimbangan mineral dalam tubuh.

2. Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Semua orang pasti pernah mengetahui khasiat sayuran yang berwarna hijau. Selain mengandung banyak zat besi, ternyata sayuran hijau dan gelap juga mengandung banyak magnesium, kalium dan juga serat nabati. Zat-zat tersebut mempunyai efek untuk menormalkan tekanan darah.

3. Daun Bit

Mungkin ada yang belum tahu tentang ubi tanaman bit ini. Daunnya biasanya terasa pahit, namun ubi nya berasa manis. Sebuah penelitian melaporkan bahwa jus daun bit mempunyai efek menurunkan tekanan darah hanya dalam beberapa jam setelah mengkonsumsinya. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa daun bit, mempunyai kandungan nitrat dan kalium dalam jumlah yang tinggi. Inilah yang membuat efek menurunkan tekanan darah.

4. Kacang polong dan kacang-kacangan

Kedelai adalah contoh kacang kacangan yang sudah terbukti menurunkan tekanan darah karena mempunyai kandungan kalium dan magnesium, dan juga adanya protein yang terdapat pada kacang polong mempunyai efek menurunkan tekanan darah.

5. Daun Lobak

Daun Lobak mengandung etil asetat yang mempunyai efek untuk mengontrol tekanan darah.

# Buah-buahan Penurun Tekanan Darah

Tidak mau kalah dengan sayuran, ternyata buah-buahan juga ada yang mempunyai efek menurunkan tekanan darah, berikut daftar nya :

1. Pisang

Buah pisang mudah sekali didapat di Indonesia dan buah ini banyak mengandung kalium atau potassium. Menurut penelitian, kadar kalium atau potassium yang rendah dalam darah akan memicu terjadinya hipertensi. Selain itu, kalium juga mencegah efek kelebihan natrium dengan mekanisme tertentu sehingga mempunyai efek diuretik yang cukup kuat. Efek diuretik tersebut akan menurunkan tekanan darah.

2. Buah-buahan yang asam seperti Jeruk

Buah-buah golongan ini adalah buah yang rasanya kecut atau asam, seperti jeruk, anggur, dan lain sebagainya. Buah-buahan ini penuh fitonutrien dan bioflavonoid, selain itu juga memiliki kadar kalium yang cukup tinggi, vitamin dan serat makanan. Buah-buahan ini tidak hanya menurunkan tekanan darah, namun juga memiliki efek anti-inflamasi dan juga membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Pepaya

Selain mempunyai serat yang cukup banyak, pepaya juga mengandung flavonoid, kalium potassium dan magnesium yang telah terbukti menurunkan tekanan darah. Makanlah Pepaya yang masih segar, kandungannya lebih baik ketika pepaya sudah diolah menjadi olahan lainnya.

4. Buah-buahan Keluarga Berries

Buah-buahan yang sekeluarga dengan berrie adalah Blueberry, raspberry dan strowberri. Buah-buahan tersebut mengandung antosianin (senyawa flavonoid) yang mempunyai efek mengurangi tekanan darah.

5. Alpukat

Ternyata selain mengandung lemak nabati atau lemak avocadene, alpukat termasuk buah yang mengandung kalium potassium. Kalium akan membantu mengatur keseimbangan Natrium - Kalium dalam darah sehingga tekanan darah akan terjaga dalam keadaan normal. 


# Fitofarmaka Penurun Tekanan Darah

Di Indonesia, penelitian tentang obat obat tradisional sudah berkembang pesat, salah satunya adalah adanya stratifikasi khasiat herbal. Herbal yang diklaim mempunyai manfaat, akan dilakukan pengolahan standar, kemudian akan menjalani uji seperti uji pada obat-obat kimia pada umumnya. Setelah dilakukan uji-uji tersebut, maka herbal herbal tersebut akan dikategorikan menjadi beberapa golongan yaitu : Jamu, Herbal Terstandar, Fitofarmaka.
Ada salah satu racikan tradisional Indonesia yang sudah sampai tahap Fitofarmaka, dan mempunyai efek menurunkan tekanan darah. Obat ini dikenal sebagai Tensigard, diproduksi oleh Phapros. Efek utamanya yaitu menurunkan tekanan darah sistolik maupun diastolik.

Semoga tulisan saya kali ini bisa bermanfaat bagi pembaca. Bila ada yang ditanyakan silahkan meninggalkan kometar.  

0 Response to "10 Jenis Makanan yang dapat Menurunkan Tekanan Darah Anda"

Post a Comment

Kometar akan dimoderasi dahulu.
Pergunakan kata-kata yang baik dan sopan
Komentar berupa pertanyaan akan dijawab langsung oleh dokter