Baru ! Jam Tangan Pintar Bisa Mendeteksi Kelainan Irama Jantung





Teknologi terus dikembangkan untuk meningkatkan kesehatan manusia. Tak terkecuali dalam bidang kardiologi atau ilmu jantung manusia. Dalam 5 tahun ini, banyak perusahaan teknologi berlomba-lomba menciptakan alat kesehatan yang dapat dipakai dimana saja atau sering disebut sebagai wearable device. Alat ini diharapkan mampu mendeteksi perubahan dalam tubuh manusia sehingga dapat dilakukan pertolongan yang tepat.


Kardia Band Efektif Mendeteksi Atrium Fibrilasi


Baru-baru ini, peneliti dari Amerika mempresentasikan sebuah penelitian tentang jam tangan jantung atau Kardia Band dalam Sesi Ilmiah Tahunan American Scientific of Cardiology ke-67.  Salah satu kegunaan dari Kardia Band ini adalah untuk mendeteksi adanya irama jantung yang tidak normal hanya dengan menekan tombol pada Kardia Band tadi.

Teknologi ini akan sangat berguna bagi pasien-pasien yang mempunyai penyakit jantung seperti fibrilasi atrium yang diperkirakan dialami oleh 6,1 juta orang di Amerika dan merupakan faktor resiko terjadinya serangan stroke dan komplikasi lainnya.

Penelitian tersebut membandingkan antara penggunaan smartwatch Kardia dengan ECG (electrocardiography). Hasilnya didapatkan bahwa pembacaan jantung smartwtch tidak akurat, namun cukup efektif untuk mendeteksi irama jantung yang tidak normal kemampuan smartwatch ini dalam mengidentifikasi ketidak normalan irama jantung hampir 93%, ini merupakan pencapaian yang luar biasa.

KardiaBand - alivecor

Kardia Band merupakan salah satu produk dari raksasa tehnologi Apple. Kardia Band dapat menampilkan gambaran denyut jantung seperti pada ECG pada umumnya, namun ternyata masih belum seakurat ECG. Namun Kardia Band ini dapat mendeteksi kondisi denyut jantung yang tidak normal seperti Atrium Fibrilasi atau Afib.

Alternatif Kardia Band di Indonesia

Dengan adanya smartwatch ini, diharapkan angka kejadian serangan jantung dapat ditangani dengan tepat. Lalu bagaimana dengan di Indonesia. Apakah jam tangan pintar ini dapat dibeli di Indonesia?

Setelah cek di beberapa marketplace di Indonesia, belum saya temukan produk ini. Namun produk smartwatch sudah banyak dijual dengan harga yang bervariasi. Sayang sekali produk Apple yang dapat dibeli barulah seri Apple Smartwatch.

Adapula produk-produk lain seperti Mi Band, Huawei Band dan beberapa merek yang asing ditelinga dengan harga yang murah. Tapi belum tentu bisa sebagus dan seakurat Kardia Band, paling tidak bisa untuk mengetahui kondisi denyut jantung kita saat kita beraktivitas atau istirahat.

Silahkan cek tokopedia dan bukalapak untuk lebih jelasnya.


0 Response to "Baru ! Jam Tangan Pintar Bisa Mendeteksi Kelainan Irama Jantung"

Post a Comment

Kometar akan dimoderasi dahulu.
Pergunakan kata-kata yang baik dan sopan
Komentar berupa pertanyaan akan dijawab langsung oleh dokter