9 Bahan Makanan Murah Penurun Kolesterol Jahat, Nomor 6 Paling Sering Dimakan






Banyak sekali bahan makanan di sekitar kita yang ternyata mampu menurunkan kolesterol jahat. Bahan makanan ini mudah didapat dan harganya murah dibandingkan dengan kesehatan kita. Yuk kita simak
bahan makanan - www.websitependidikan..com

Beberapa Bahan Makanan Penurun Kolesterol Jahat
 

1. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang sering kita temui di Indonesia, harganya juga tidak mahal namun manfaatnya cukup banyak dirasakan. Bayam mengandung lutein yaitu pigmen kuning telur yang juga terdapat pada sayuran lainnya.

Bagi tubuh manusia, lutein berfungsi untuk mencegah proses degenerasi atau penuaan makula pada mata. Menurut penilitian, lutein juga sangat baik menurunkan kolesterol sehingga baik untuk mencegah penyakit jantung. Selain itu lutein juga dapat membantu mengurangi penyumbatan akibat endapan kolesterol dalam pembuluh darah.

2. Buncis

Menurut penelitan, makan sayuran buncis setiap hari dapat mengontrol atau menurunkan kadar lemak jahat dalam darah (LDL) dan trigliserida di dalam butuh kita. Hal ini karena buncis mengandung lemak baik yang aman bagi tubuh kita. Selain itu buncis juga dapat membantu menurunkan kolesterol pada pasien yang mempunyai diabetes melitus.

3. Biji  Bijian

Biji bijian mengandung banyak serat. Seperti yang kita ketahui, bahwa serat mampu mengikat penyerapan kolesterol sehingga kadar kolesterol relatif lebih rendah atau bahkan dapat turun dengan cepat. Bahkan sebuah studi dari luar negeri menyatakan bahwa mengkonsumsi 1 porsi biji-bijian dapat menurunkan kolesterol sampai 5%. Ada pula yang penelitian yang mengatakan bahwa konsumsi 90 gr biji-bijian mampu menurunkan kadar LDL atau lemak Jahat hingga 8%, hebat sekali bukan

4. Terong dan Okra 

Mengkonsumsi terong dan okra dapat menurunkan kolesterol. Hal ini disebabkan serat terong dan okra yang mudah larut sehingga mudah dicerna tubuh. Hampir semua jenis terong memiliki manfaat penurun kolesterol, jadi mulailah konsumsi terong setiap ada kesempatan.

5. Kacang kacangan

Sumber makanan lemak nabati, baik lemak jenuh maupun lemak tak jenuh). Meskipun sebagai sumber lemak, beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang almond mempunyai kandungan flavonoid yang bermanfaat meningkatkan kesehatan tubuh anda.

Menurut penelitian di America Journal of Clinical Nutrition, rutin mengkonsumsi kacang walnut dapat menurunkan kadar kolesterol sampai 9,3%. Penelitian lainya menyebutkan bahwa kacang-kacangan dapat secara ampuh menurunkan kolesterol jahat yang menyebabkan aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah.

6. Kedelai 

Sudah lama kedelai dijadikan bahan konsumsi masyarakat Indonesia. Sebut saja tahu, tempe yang kaya akan protein nabati. Ternyata menurut penelitian, kedelai juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Bila anda bosan dengan tempe dan tahu, anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk susu kedelai.
Mengkonsumsi 25 gr protein dari kedelai, setara dengan 10 gr dalam bentuk tahu atau 2 ½ cangkir susu kedelai setiap hari dapat menurunkan kolesterol jahat hingga 6%.

7. Biji Rami dan Chia

Biji Rami dan Chia kaya akan omega-3 (ALA) dan tinggi serat. Serat inilah yang nanti akan membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

8. Tomat 

 Kadar likopen yang tinggi dalam tomat mampu menurunkan kadar kolesterol 10 -17%. Likopen pada tomat biasanya akan memberikan warna merah pada buah-buahan dan sayuran. Semakin banyak kandungan likopen dalam tomat, maka akan semakin tinggi kemungkinan kolesterol akan turun.

9.  Bawang putih 

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bawang putih mampu menghentikan penimbunan lemak pada pembuluh darah, sehingga mencegah terjadinya serangan jantung atau serangan stroke.

Bawang putih merupakan salah satu obat ramuan Mesir Kuno yang dianggap mampu menjaga stamina dan kesehatan tubuh manusia. Hal ini didukung beberapa penelitian modern tentang manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh.

Nah itulah beberapa bahan makanan yang sering kita temui yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Silahkan dicoba dan dibuktikan khasiatnya.

0 Response to "9 Bahan Makanan Murah Penurun Kolesterol Jahat, Nomor 6 Paling Sering Dimakan"

Post a Comment

Kometar akan dimoderasi dahulu.
Pergunakan kata-kata yang baik dan sopan
Komentar berupa pertanyaan akan dijawab langsung oleh dokter