Wow ! Ternyata Menikah Dapat Mencegah Penyakit Jantung





Anda mempunyai keturunan penyakit jantung? Anda belum menikah? Maka menikahlah, karena dengan menikah peluang untuk berumur panjang lebih besar.

Menikah Lindungi Kesehatan Jantung

Penelitian Menunjukkan Menikah Membuat Peluang Hidup Lebih Panjang

Baru-baru ini para peneliti menemukan fakta tentang manfaat menikah. Menikah selain baik untuk kesehatan mental juga baik untuk kesehatan fisik lho... tidak percaya? yuk simak penjelasannya berikut ini ..

Beberapa orang yang telah menikah memiliki kemampuan untuk bertahan hidup lebih baik daripada orang yang belum menikah. Termasuk bagi pasien yang mempunyai penyakit jantung.

Mengapa bisa demikian? Ada beberapa alasan mengapa Menikah baik untuk Penyakit Jantung Anda

Keberhasilan Pengobatan Jantung

Peneliti di Aston Medical School, Birmingham, Inggris melakukan penelitian tentang hubungan status pernikahan dengan kemampuan bertahan hidup pasien jantung. Penelitian ini dilakukan mulai tahun 2000 sampai 2013.

Hasilnya, dari 929.552 pasien yang mempunyai penyakit jantung, pasien yang sudah menikah memiliki peluang 14 persen lebih tinggi untuk bertahan hidup jika dibandingkan dengan pasien yang lajang atau tidak menikah.

Selain itu, ditemukan fakta bahwa pasien yang sudah menikah dan memiliki kolesterol tinggi juga memiliki peluang 16 persen lebih tinggi untuk bertahan hidup daripada pasien yang lajang atau tidak menikah.

Begitu pula dengan pasien dengan penyakit hipertensi dan diabetes melitus, pasien memiliki peluang hidup lebih baik daripada yang melajang atau tidak menikah.

Dan yang paling mengejutkan adalah manfaat menikah dalam mencegah serangan jantung. Menurut penelitian tersebut didapatkan hasil bahwa menikah dapat mencegah serangan jantung hingga 80 persen pada orang yang memiliki faktor resiko penyakit jantung.

Mengapa demikian? Mengapa menikah dapat mengurangi serangan jantung?

Hal ini dijelaskan oleh Dr. Paul Carter, menurut beliau pasien-pasien yang menikah mendapat dukungan dari keluarga secara penuh untuk hidup lebih sehat, baik dari perubahan gaya hidup maupun obat-obatan sehingga lebih terawasi dengan baik.

Hal ini berbeda dengan pasien yang tidak menikah, mereka tidak mendapatkan dukungan dari pasangan dan kelarganya, sehingga angka peluang bertahan hidupnya menurun.

Hal yang sama juga terjadi pada pasien yang dulunya menikah, namun kemudian bercerai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien yang bercerai angka peluang hidupnya lebih kecil lagi untuk bertahan dari pengakit jantung.

Perceraian merupakan salah satu penyebab stress tersendiri, sehingga kualitas hidup pasien akan menjadi lebih buruk dan mengakibatkan kondisi kesehatan terganggu.

Dari hasil penelitian tersebut, para peniliti menyimpulkan bahwa adanya orang terdekat akan menjadi pendukung yang sangat membantu untuk memulihkan kondisi kesehatan pasien-pasien dan orang-orang yang mempunyai faktor resiko penyakit jantung.

Jadi, Menikahlah agar hidup lebih baik

0 Response to "Wow ! Ternyata Menikah Dapat Mencegah Penyakit Jantung"

Post a Comment

Kometar akan dimoderasi dahulu.
Pergunakan kata-kata yang baik dan sopan
Komentar berupa pertanyaan akan dijawab langsung oleh dokter