Perhatian ! Inilah 8 Gejala Sakit Jantung yang dirasakan 1 bulan sebelumnya





Penyakit jantung masih merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia dan salah satu penyakit yang menghabiskan dana BPJS Kesehatan  di Indonesia. Kita mungkin tidak sadar bahwa penyakit jantung sering didahului oleh beberapa gejala fisik maupun psikis yang bisa dirasakan 1 bulan sebelum penyakit jantung itu muncul.



Apa saja gejalanya? Yuk kita simak artikel berikut ini

Gejala #1 Sering Kelelahan

Kelelahan yang dirasakan bukanlah kelelahan seperti yang dirasakan orang pada umumnya dan tidak juga disebabkan karena aktivitas berat seperti olahraga.

Kelelahan saat tidak melakukan aktivitas dan lebih sering dirasakan oleh perempuan dibanding laki-laki. Penyebabnya masih belum diketahui secara pasti, namun ini merupakan salah satu tanda sakit jantung yang bisa dirasakan 1 bulan sebelumnya.


Gejala #2 Nyeri perut

Gejala ini hampir mirip dengan gastritis dan dispepsia, sehingga banyak yang tidak sadar dan menganggapnya biasa saja. Gejala yang dirasakan biasanya bersifat episodik atau hilang timbul, membaik dengan sendirinya, namun akan timbul lagi dan lagi berulang. Gejala sakit perut atau kembung atau sejenisnya biasanya memburuk dengan aktivitas fisik.

Inilah yang patut kita waspadai karena bisa saja itu merupakan gejala penyakit jantung yang bisa dirasakan 1 bulan sebelumnya.

Apabila anda mempunyai faktor resiko penyakit jantung dan merasakan gejala tidak nyaman diperut, tidak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter untuk melakukan serangkaian tes jantung.


Gejala #3 Insomnia

Menurut penelitian, insomnia merupakan salah satu faktor resiko yang dapat meningkatkan kemungkinan serangan jantung dan stroke dikemudian hari. Insomnia atau gangguan tidur dapat disebabkan karena stress atau gangguan pada tubuh lainnya, misalnya kolesterol tinggi, asam urat tinggi atau bahkan gula darah dalam tubuh yang tinggi.

Orang yang mengalami insomnia biasanya akan merasa kesulitan untuk memulai tidur atau tidur kembali setelah terbangun pada malam harinya. Gejala ini sering dialami wanita daripada laki-laki.
Rata-rata mereka yang bangun pada malam hari akan mengalami gejala berdebar-debar atau sesak nafas sehingga timbul rasa takut untuk tidur kembali

Cobalah untuk melakukan relaksasi sebelum tidur dan bila masih sulit untuk tidur periksakan diri anda ke dokter, karena mungkin ini adalah salah satu gejala penyakit jantung yang dapat dirasakan 1 bulan sebelumnya.



Gejala #4 Sesak napas

Sesak nafas merupakan gejala yang umum dirasakan oleh orang-orang yang mempunyai penyakit jantung ataupun paru-paru. Sesak ini biasanya timbul apabila melakukan aktivitas berat atau saat sedang tidur pada malam hari.

Sesak nafas ini biasanya merupakan rasa sulit untuk menarik nafas dalam, pada beberapa kasus penyakit jantung dapat timbul bunyi seperti asma apabila sudah parah.

Gejala ini biasanya dapat dirasakan 6 bulan sebelum serangan jantung.


Gejala #5 Rambut Rontok

Rambut rontok biasanya dikaitkan dengan kada hormon kortisol dalam tubuh. Hormon ini akan meningkat pada orang-orang yang menderita penyakit jantung pada tahap awal. Walaupun  kerontokan rambut bukan merupakan gejala yang khas yang dapat diamati pada pasien 1 bulan sebelum mengalami sakit jantung, ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter.

Gejala ini dapat dilihat adanya kerontokan rambut atau kebotakan pada daerah ubun-ubun kepala dan lebih sering pada laki-laki daripada perempuan.


Gejala #6 Denyut Jantung Tidak Teratur

Sering mengalami palpitasi atau ndredek? terenggah-enggah karena detak jantung yang cepat padahal sedang tidak menjalankan aktivitas berat atau olahraga? Ada baiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter.


Denyut jantung yang tidak teratur merupakan salah satu tanda penyakit irama jantung. Kita dapat mendengarkan detak jantung kita sendiri dengan memeluk bantal dan mendengarkan detak jantung melalui bantal tersebut. Apabila tidak teratur atau kadang teratur kadang tidak, ada baiknya anda periksakan diri ke dokter.

Gejala #7 Keringat Berlebihan

Berkeringat berlebihan dapat merupakan salah satu tanda penyakit jantung. Berkeringat berlebihan dapat dikaitkan dengan aktivitas syaraf yang berkaitan dengan jantung. Kita jumpai pada beberapa orang yang mengalami serangan jantung akan cenderung mangalami pengingkatan aktivitas syarat sehingga keringat yang keluar banyak.


Namun bedakan dengan berkeringat berlebihan karena berolahraga.

Gejala #8 Nyeri Dada

Gejala nyeri dada dirasakan pada penyakit jantung koroner, dimana terjadi sumbatan pada pembuluh darah jantung sehingga timbul rasa nyeri. Rasa nyeri ini bisa hilang timbul tergantung dengan derajat sumbatan jantung.

Namun apabila anda merasakan nyeri dada yang membuat tidak nyaman pada satu atau kedua lengan, rahang bawah, leher, bahu atau perut yang mungkin terjadi secara permanen maupun sementara segeralah memeriksakan diri ke dokter.

0 Response to "Perhatian ! Inilah 8 Gejala Sakit Jantung yang dirasakan 1 bulan sebelumnya"

Post a Comment

Kometar akan dimoderasi dahulu.
Pergunakan kata-kata yang baik dan sopan
Komentar berupa pertanyaan akan dijawab langsung oleh dokter