Fakta ! Orang Gemuk Lebih Mudah Terkena Sakit Jantung





Kegemukan memang sesuatu yang tidak diinginkan oleh banyak orang. Selain karena tidak bagus untuk penampilan, orang gemuk biasanya lebih sering menderita penyakit jantung. Mengapa demikian, yuk simak pembahasannya berikut ini.


Mengapa Orang Gemuk lebih beresiko penyakit Jantung?
Gemuk atau kegemukan adalah suatu keadaan dimana IMT seseorang melebihi 25. Banyak faktor yang menyebabkan kegemukan, diantaranya adalah kurangnya aktivitas fisik dan konsumsi makanan berkalori tinggi yang tidak seimbang. Lalu mengapa orang gemuk lebih beresiko berpenyakit jantung? Berikut penjelasannya :

#1 Lemak Mengganggu Pergerakan Jantung

Menurut banyak penelitian, kegemukan sering dikaitkan juga dengan kadar kolesterol atau lemak dalam tubuh. Proporsi lemak dalam tubuh yang meningkat dapat menyebabkan timbunan lemak diarea-area tertentu. Area tersebut termasuk area disekitar jantung, sehingga pergerakan jantung kurang optimal. Pembatasan gerakan jantung ini akan menyebabkan jantung bekerja lebih keras lagi untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh.

#2 Tahanan Jaringan Tubuh Perifer Meningkat

Ini dikaitkan dengan penambahan jumlah jaringan atau sel dalam tubuh yang meningkat, secara otomatis darah akan lebih banyak melewati sel-sel lemak ini sehingga tahanan nya menjadi lebih berat.

Selain itu, lemak dalam tubuh juga ditimbun dalam pembuluh darah mengakibatkan penyempitan pembuluh darah atau aterosklerosis sehingga darah sulit mengalir melewati pembuluh darah tersebut, tingkat kesulitan tersebut akan meningkatkan tahanan jaringan sel perifer.
Tahanan perifer ini mengakibatkan kerja jantung semakin tinggi, tekanan darah juga semakin tinggi. Resiko penyakit jantungpun juga meningkat.

#3 Orang Gemuk Mudah Sesak Nafas

Timbunan lemak dalam tubuh dapat mengakibatkan kesulitan bernafas pada beberapa orang, terutama timbunan lemak dalam perut. Penimbunan lemak pada perut menyebabkan perut terlihat buncit. Perut buncit ini akan mengganggu pergerakan kembang kempisnya paru-paru sehingga muncul gejala sesak nafas.

Selain itu, orang gemuk biasanya jarang beraktivitas atau jarang bergerak sehingga otot jantung tidak terlatih dengan baik. Pada beberapa orang gemuk, sering terjadi sesak nafas saat berjalan atau menaiki tangga. Hal ini disebabkan karena jantung sulit menyesuaikan keadaan tubuh.



Itulah beberapa penyebab orang gemuk mudah terkena penyakit jantung.
Nah sekarang bagaimana kita tahu kalau kita mengalami kegemukan? Dan bagaimana mengatasinya?

# Cara Menghitung IMT Kegemukan

Cara yang paling mudah untuk mengukur apakah berat badan kita normal atau kegemukan adalah dengan mengukur Indeks Massa Tubuh (IMT) atau BMI (Body Mass Index).

BMI et IMT


Untuk mengukur Indeks Massa Tubuh (IMT), kita memerlukan dua data yaitu Berat Badan (kg) dan Tinggi Badan (meter.

Rumus menghitung Indeks Massa Tubuh adalah sebagai Berikut :

IMT = BB / TBxTB

Ket :
Di bawah 18,5 = Berat badan kurang
18,5 – 22,9 = Berat badan normal
23 – 29,9 = Berat badan berlebih (kecenderungan obesitas)
30 ke atas = Obesitas


Contoh perhitungan :
Saya seorang laki-laki, berat badan saya saat ini adalah 65 kg dan tinggi badan saya adalah 160 cm. Coba hitung berapa Indeks Massa Tubuh saya?!

IMT = BB / TBxTB = 65 / 1,6x1,6 = 25,39

Menurut pertihungan diatas, IMT saya adalah 25,39 dan saya masuk dalam katagori Berat Badan Berlebih

# Tips Menurunkan Berat Badan

Setelah bisa menghitung IMT anda sendiri, saya akan membagikan beberapa tips singkat menurunkan berat badan :
  1. Kurangi konsumsi kalori, sesuaikan dengan kebutuhan kalori harian, jangan berlebih. Silahkan konsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk memperoleh hitungan kalori yang pas untuk anda.
  2. Olahraga secara teratur, lakukan minimal 2 kali dalam satu minggu.
  3. Perbanyak makan buah dan sayuran
  4. Hindari merokok dan konsumsi alkohol
  5. Hindari makan malam besar (Big Meal) pada malam hari sebelum tidur, karena beresiko meningkatkan berat badan dan diabetes melitus
  6. Perbanyak minum air apabila merasa lapar
  7. Lakukan puasa bila perlu. Bagi muslim, tentu ini sangat bermanfaat bagi tubuh karena puasa memberikan kesempatan tubuh untuk melakukan detoksifikasi. 
 

# Tetap Aktif agar Gemuk tidak jatuh ke Penyakit Jantung

Bagi anda yang mempunyai tubuh gemuk yg relatif sulit untuk kurus, cukup lakukan perubahan pola hidup sehat.

  • Lakukan olahraga seminggu minimal 2 kali dalam seminggu
  • Kurangi konsumsi makanan berlemak atau berminyak
  • Perbanyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran
  • Batasi konsumsi gula atau makan pada malam hari
  • Kontrol secara rutin gula darah, asam urat dan kolesterol
  • Bila perlu periksakan diri ke dokter apabila muncul keluhan seperti sesak nafas, nyeri dada yang mengarah ke sakit jantung
Itulah Fakta bahwa orang gemuk lebih mudah terkena serangan jantung. Semoga ulasan singkat dan tips di atas dapat menambah wawasan kita. Jangan lupa share ke teman-teman terdekat agar banyak yang tahu. Salam Sehat !!!

0 Response to " Fakta ! Orang Gemuk Lebih Mudah Terkena Sakit Jantung"

Post a Comment

Kometar akan dimoderasi dahulu.
Pergunakan kata-kata yang baik dan sopan
Komentar berupa pertanyaan akan dijawab langsung oleh dokter