Waspada Penyakit Jantung Bila Anda Punya Diabetes Melitus





Penyakit Jantung Pada Diabetes Melitus
Jantungparu.blogspot.com - Penduduk yang menderita penyakit Diabetes Melitus semakin meningkat, demikian juga dengan penyakit jantung.

Ada beberapa penyakit jantung yang diakibatkan oleh Diabetes Melitus jangka panjang.

# 1. Penyakit Jantung Koroner

Penderita Diabetes Melitus cenderung mengalami kadar gula yang tinggi dalam darah.

Kadar gula dalam darah yang tinggi ini dapat mengakibatkan darah menjadi relatif lebih kental, aliran darah tidak lancar sehingga pada kondisi tertentu dapat memperparah aliran darah pada pembuluh darah koroner.

Penyakit Diabetes Melitus lebih sering disertai dengan peningkatan kadar kolesterol dalam darah, hal ini karena terjadi konversi gula darah yang tinggi dalam darah menjadi lipid atau lemak sehingga meningkatkan kada kolesterol dalam darah.

Dalam jangka waktu yang lama, kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan ateroskerosis dan penyempitan pembuluh darah. Apabila penyempitan pembuluh darah tersebut menyerang pembuluh darah koroner jantung, maka dapat terjadi penyakit jantung koroner  dan membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat. 

# 2. Penyakit Gagal Jantung

Penyakit Gagal Jantung biasanya ditandai dengan adanya kegagalan sistem jantung untuk memompa darah keseluruh tubuh. Penyebab gagal jantung pada Penderita Diabetes Melitus disebabkan oleh : 

1. Stress oksidatif

Stress Oksidatif terjadi karena sel-sel jantung kekurangan makanan yaitu berupa gula dalam darah. Pada pasien dengan Diabetes Melitus, gula darah tinggi diakibatkan karena gula dalam darah tidak masuk dalam sel-sel tubuh (sel otot jantung) akibat resistensi insulin atau bisa karena kadar insulin tubuh yang rendah.

Sel sel yang kekurangan makanan akan mengalami kematian dan tidak berfungsi. Saat terjadi kerusakan sebagian jaringan otot jantung maka sel otot jantung yang sehat atau hidup akan melakukan kompensasi dengan melakukan perubahan perubahan seperti hipertropi.

Pada keadaan hipertrofi sel otot jantung akan mengakibatkan terjadinya pembesaran jantung. Pembesaran otot jantung ini akan menimbulkan kelainan fungsi pompa jantung sehingga pada keadaan yang telah tidak dapat terkompensasi lagi akan terjadi gagal jantung.

2. Aterosklerosis 

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa keadaan stress oksidatif dapat mengakibatkan pembesaran jantung dan bila terus berlanjut dapat mengakibatkan penyakit gagal jantung.

Salah satu penyebab tersering Gagal Jantung pada penderita Diabetes Melitus adalah tekanan darah yang meninggi. Tekanan darah yang meninggi ini dapat disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah akibat ateroskerosis. Pada kondisi aterosklerosis, tekanan darah meninggi dapat menyebabkan pembesaran otot Jantung melalui stress oksidatif dan bisa mengakibatkan gagal jantung.

3. Hipertrigliserida 

Pada pasien dengan diabetes melitus yang tidak terkontrol, biasanya akan terjadi kadar trigliserida atau kolesterol. Hal ini dapat menyebabkan aterosklerosis pada pembuluh darah jantung. Apabila hal ini terjadi secara terus menerus, maka dapat menyebabkan kelainan jantung, tekanan darah terus meninggi dan bahkan terjadi gagal jantung setelah beberapa waktu tidak terkompensasi.

Bagi Anda yang mempunyai penyakit diabetes melitus, selalu lakukan pemeriksaan rutin gula darah dan minum obat secara teratur agar kadar gula darah terkontrol. Komplikasi pada jantung akan berkurang seiring dengan kadar gula dalam darah yang terkontrol. 

Ada pertanyaan? Silahkan tinggalkan komentar

0 Response to "Waspada Penyakit Jantung Bila Anda Punya Diabetes Melitus"

Post a Comment

Kometar akan dimoderasi dahulu.
Pergunakan kata-kata yang baik dan sopan
Komentar berupa pertanyaan akan dijawab langsung oleh dokter