Daftar Penyakit yang Tidak Boleh Minum Alkohol





Alkohol itu seperti api, kalau kecil atau sedikit dia bermanfaat, namun kalau banyak akan mengakibatkan penyakit.

Daftar Kondisi Penyakit yang tidak boleh minum alkohol
Stop Drink Alkohol

Tidak semua orang boleh minum alkohol, karena alkohol dapat memperberat penyakit tertentu. juga pada kondisi tertentu misalnya pada orang hamil, orang obesitas dan lain sebagainya.
Alkohol dalam jumlah berlebihan berbahaya bagi tubuh manusia.

Beberapa Kondisi Penyakit yang tidak boleh Minum Alkohol - Jantungparu.blogspot.com :


#1. Gagal Jantung / Heart Failure

Orang yang mempunyai penyakit gagal jantung tidak boleh mengkonsumsi alkohol karena dapat memperparah penyakitnya.

#2. Cardiomyopathy

Kondisi Cardiomyopathy (kelainan pada otot jantung) dapat diperparah dengan alkohol yang diminum setiap hari, baca selengkapnya di Efek Alkohol Terhadap Jantung Manusia

Kondisi ini bisa mengakibatkan gagal jantung bahkan bisa menimbulkan aritmia kordis (denyut jantung tidak teratur) secara permanen, maka kami sarankan untuk tidak mengkonsumsi alkohol. 

#3. Tekanan Darah Tinggi

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi alkohol dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan beberapa komplikasi penyakit dan yang paling berbahaya adalah timbulnya penyakit stroke, baca selengkapnya di Darah Tinggi Penyebab Stroke yang Mematikan

#4. Diabetes Melitus

Alkohol ternyata dapat menjadi salah satu faktor resiko diabetes melitus. Menurut penelitian, alkohol yang dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan rutin dapat mengakibatkan resistensi insulin. Selain itu zat alkohol ternyata juga bersifat toksik atau beracun terhadap pankreas, sehingga bisa terjadi peradangan yang mengakibatkan sekresi insulin berkurang.

Alkohol sendiri merupakan salah satu sumber gula darah yang cukup besar, satu gelas kecil alkohol kira-kira setara dengan satu iris pizza. Secara tidak sadar, orang yang rutin minum alkohol akan lebih beresiko untuk mengalami kegemukan atau obesitas dan diabetes melitus tipe 2.
Stop Konsumsi Alkohol Sekarang
Untuk Hidup Lebih Baik

#5. Denyut Jantung tidak teratur

Denyut jantung tidak teratur dapat disebabkan oleh banyak hal, namun para dokter sepakat bahwa konsumsi alkohol berbahaya pada pasien-pasien dengan denyut jantung yang tidak normal.
Kelainan aritmia yang sering terjadi pada orang yang mengkonsumsi alkohol biasanya berupa Atrial Fibrilasi dan Palpitasi.
  

#6. Mempunyai Riwayat Stroke

Orang yang mempunyai riwayat penyakit stroke tidak boleh mengkonsumsi alkohol, karena alkohol dapat meningkatkan tekanan darah dan trigliserida dalam darah. Kondisi tersebut beresiko untuk terjadinya serangan stroke berikutnya.

#7. Mempunyai Kadar Trigliserida yang tinggi

Mengkonsumsi Alkohol dapat mengakibatkan peningkatan trigliserida yang signifikan. Bila sebelum minum alkohol sudah mempunyai kadar trigliserida yang tinggi, maka dikhawatirkan akan lebih meninggi lagi apabila mengkonsumsi alkohol. Sedangkan kita mengetahui bahwa kadar trigliserida yang tinggi banyak menimbulkan komplikasi penyakit.

Kondisi Lain Yang Tidak Boleh Minum Alkohol :


#1. Muslim, Orang Islam Dilarang Mengkonsumsi Alkohol

Agama Islam melarang pemeluknya untuk mengkonsumsi Alkohol, haram hukumnya. Namun ada pembahasan lebih lanjut mengenai keharaman ini karena ada pemahaman yang berbeda tentang alkohol. Silahkan merujuk pada artikel berikut : Salah Kaprah dengan Kharm dan Alkohol

#2. Orang dengan Obesitas Dilarang Mengkonsumsi Alkohol

Obesitas atau kegemukan tidak boleh mengkonsumsi alkohol, karena dapat memperparah obesitasnya dan menimbulkan komplikasi lain.
 

#3. Wanita Hamil Dilarang Mengkonsumsi Alkohol

Wanita hamil tidak boleh minum alkohol, karena dapat mengakibatkan toksisitas terhadap janin dan beberapa penelitian mengatakan bahwa konsumsi alkohol dapat menyebabkan kecacatan pada janin. 

#4. Orang yang sensitif terhadap Alkohol

Orang yang sensitif atau tidak tahan dengan alkohol tidak boleh mengkonsumsi alkohol, karena dapat membahayakan diri sendiri ataupun orang lain.

#5. Orang yang mengkonsumsi obat yang tidak boleh dicampur dengan Alkohol

Beberapa obat diberikan telah label agar tidak diminum dengan alkohol. Maka biasakan untuk membaca petunjuk obat sebelum meminum obat.

Itulah beberapa penyakit atau kondisi yang membuat tidak boleh mengkonsumsi alkohol. Semoga kita dapat mengamalkannya dengan baik.
Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati

0 Response to "Daftar Penyakit yang Tidak Boleh Minum Alkohol"

Post a Comment

Kometar akan dimoderasi dahulu.
Pergunakan kata-kata yang baik dan sopan
Komentar berupa pertanyaan akan dijawab langsung oleh dokter