Kenali Bahaya Alkohol bagi Jantung Anda





Jantungparu.blogspot.com - Anda suka mengkonsumsi minumal ber-alkohol? Tahukah anda bahwa alkohol mempunyai efek ke jantung?
Efek Alkohol Terhadap Jantung Bahaya

Apakah anda peminum alkohol yang sudah merasakan sesak sesak atau nyeri dada?

Hati-hati, karena menurut penelitian bahwa kebiasaan minum alkohol dapat menyebabkan beberapa macam kelainan kesehatan, baik di jantung, liver maupun di lambung.

Alkohol identik dengan minuman yang memabukkan. Kalau dalam Islam Alkohol disebut sebagai Khamr. Khamr haram untuk dikonsumsi seorang muslim, kalau ada muslim yang mengkonsumsinya maka mungkin dia belum mengerti larangan mengkonsumsi Alkohol.

Alkohol dalam konsentrasi yang tinggi biasanya digunakan sebagai antiseptik. Keberadaan alkohol untuk kalangan medis mungkin sudah tidak asing lagi, karena manfaatnya sebagai antiseptik tersebut dapat mengurangi terjadinya infeksi pada pasien dan orang lain.

Lain halnya dengan minuman beralkohol. Minuman beralkohol populer di daerah yang beriklim dingin, karena apabila alkohol diminum saat dingin, akan memberikan efek kehangatan pada tubuh manusia.

Di Indonesia, alkohol sering disalah gunakan sebagai 'alat melarikan diri' dari masalah. Tahukan artinya? Orang frustasi, orang yang dalam keadaan senang sekali dan orang yang gila biasanya akan mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang besar hingga mabuk dan tidak sadarkan diri. Kemudian akan membahayakan diri sendiri dan orang lain, tak jarang kejahatan justru muncul akibat dari minum alkohol terlebih dahulu.

Ini layak disebut sebagai Penyalahgunaan Alkohol. Dulunya alkohol sebagai penghangat tubuh agar tidak mati kedinginan, sekarang malah sengaja digunakan untuk mabuk mabukan, pesta, dan ini menyalahi aturan.

Minuman beralkohol mahal, ada yang kreatif bikin minuman keras oplosan. Di media masa pun tak jarang diberitakan anak muda tewas karena minum minuman oplosan. Sungguh ironi negeri ini.

Alkohol juga bisa menimbulkan ketagihan sebagaimana rokok. Efek langsung ke otak membuat kedua bahan berbahaya tersebut bisa menimbulkan efek menyenangkan. Namun bila berlebih zat alkohol menimbulkan ketidak seimbangan tubuh dan menimbulkan beberapa penyakit.

Konsumsi Alkohol dalam jangka waktu yang lama dapat mempengaruhi jantung kita..

Dikutip dari webmd.com, bahwa minum alkohol secara rutin dalam jumlah yang memabukkan dapat mengakibatkan perubahan pada sistem kardiovaskuler melalui beberapa cara :

#1. Menaikkan tekanan darah

Menurut penelitian yang dilakukan di luar negeri, konsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak dan lama dapat mengakibatkan peningkatan tekanan darah yang signifikan. 
So, kalau sudah punya darah tinggi, jangan dibiasakan minum alkohol ya. Bisa bertambah parah

 

#2. Menaikkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah

Ini menurut penelitian lanjutan juga, ternyata konsumsi alkohol menaikkan LDL dalam darah. Metabolisme Alkohol dalam Liver/Hepar 


#3. Dapat menyebabkan Cardiomyopathy

Cardiomyopathy adalah keadaan otot jantung yang membesar, tebal dan kaku. Pada keadaan tertentu otot jantung digantikan oleh jaringan ikat. 
Apa akibatnya?
Akibatnya kontraksi jantung tidak bisa maksimal. Fungsi Jantung sebagai pompa darah mengalami gangguan sehingga terjadi gejala-gejala sesak, bila parah dapat terjadi gagal jantung.
Hati-hati Minum Alkohol, mending Stop
 

#4. Menyebabkan penyakit liver (hati)

Biasanya dikenal dengan fatty-liver (perlemakan hati), sel-sel hati rusak karena zat alkohol sehingga banyak lemak yang tertimbun di sel hati. Pada beberapa pasien, penyakit ini biasanya progresif, artinya walaupun alkohol sudah dihentikan, kerusakan akan terus berjalan.
 

#5. Menyebabkan penyakit ulcus peptic 

Penyakit ini juga sering ditemukan pada orang-orang yang sering meminum alkohol. Pada perjalanan penyakit ini, gejala yang ditimbulkan bisa berupa nyeri perut dan yang parah bisa sampai muntah darah.
 

#6. Dapat Menyebabkan Aritmia Jantung

Aritmia jantung adalah keadaan dimana denyut jantung tidak teratur. Keadaan ini bisa diakibatkan oleh alkohol yang sering dikonsumsi oleh pasien.

Oleh karena itu, sebaiknya kurangi dan stop kebiasaan minum Alkohol. Bisa jadi sekarang masih sehat, tapi beberapa tahun yang akan datang, kita tidak pernah tahu apa yang akan menyebabkan kita sakit.

0 Response to "Kenali Bahaya Alkohol bagi Jantung Anda"

Post a Comment

Kometar akan dimoderasi dahulu.
Pergunakan kata-kata yang baik dan sopan
Komentar berupa pertanyaan akan dijawab langsung oleh dokter