Tips Mudah Mencegah Mendengkur






Dokteroid.com - Mendengkur memang menjadi masalah serius orang dewasa akhir-akhir ini. Ketenangan tidur terusik dengan suara dengkuran. Di luar negeri, masalah dengkuran adalah masalah yang sangat serius, karena dapat memicu terjadinya serangan jantung. Kali ini saya akan mencoba membahas bagaimana Tips Mudah Mencegah Mendengkur.



Ada cara sederhana yang dapat anda lakukan agar tidak mendengkur

1. Mengubah posisi tidur
Posisi tidur ternyata sangat mempengaruhi kebiasaan mendengkur. POsisi tidur yang sering menyebabkan mendengkur adalah posisi telentang. Hal ini terjadi karena pada saat posisi telentang, lidah akan mudah jatuh kebelakang sehingga mengakibatkan sumbatan jalan nafas yang berakibat keluarnya suara dengkuran.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengubah posisi tidur anda menjadi kesamping.

2. Tidurlah yang cukup
Menurut penelitian, kurang tidur dapat menyebabkan insiden mendengkur meningkat. Pada rata-rata orang yang sibuk bekerja dan tidur tidak teratur akan terjadi kelelahan yang berat sehingga ketika tidur, mereka akan lebih cenderung mengdengkur.

Untuk mencegah hal tersebut, anda dapat mengatur tidur anda secara teratur.


3. Jangan Mengkonsumsi Alkohol atau Obat Tidur
Alkohol dan obat tidur dapat memicu mendengkur, karena kedua zat tersebut mengakibatkan otot-otot saluran pernafasan menjadi lemah atau sangat rileks saat tidur.

Oleh karena itu, hindari mengkonsumsi alcohol dan obat tidur sebelum tidur agar tidak mendengkur.


4. Minumlah air putih
Pada saat tidur, tubuh rentan terhadap dehidrasi. Sehingga rongga dalam mulut mencari lebih kering, lender-lendir didalamnya menjadi lebih lengket. Hal ini akan mengakibatkan resiko mendengkur menjadi lebih tinggi.

Konsumsilah air dalam jumlah cukup untuk menghindari hal ini. Jumlah yang disarankan untuk pria adalah 16 gelas per hari sedangkan wanita 11 gelas per hari.

5. Mencuci Hidung Dengan Air Garam
Terkadang dengkuran juga diakibatkan oleh adanya sumbatan pada rongga hidung. Kotoran-kotoran hidung yang mengeras dapat memicu dengkuran. Demikian juga dengan flu.

Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mencuci hidung dengan larutan air garam. Hal ini akan mempermudah kotoran-kotoran didalam rongga hidung keluar sehingga insiden mendengkur anda berkurang.


6. Menurunkan Berat Badan
Mendengkur dapat juga diakibatkan oleh timbunan lemak dalam rongga pernafasan. Anda yang memiliki indeks massa tubuh berlebih dapat mengalami hal ini.


Cek Indeks Massa Tubuh disini


Untuk mengatasi berat badan berlebih, anda dapat melakukan olahraga secara teratur, mengatur makan atau diet dan juga melakukan relaksasi pernafasan. 


7. Jangan Merokok
Merokok salah satu penyebab mendengkur terbanyak di Indonesia. Tenggorokan dan saluran nafas lain akan menjadi lebih kering, sehingga memicu mendengkur.
Dengan berhenti merokok, anda dapat mengurangi mendengkur dan menghemat keuangan anda.

Silahkan baca Tips Berhenti Merokok disini


8. Menjaga kebersihan Kamar
Anda yang punya alergi namun juga sering mendengkur. Menjaga kebersihan kamar tidur akan mengurangi jumlah debu penyebab alergi, sehingga akan mengurangi insiden mendengkur anda


Itulah beberapa Tips Mudah Mencegah Mendengkur, semoga bermanfaat.
Like dan  Share agar banyak yang mengetahuinya. Jangan lupa tinggalkan jejak komentar untuk saran lebih baik.

0 Response to "Tips Mudah Mencegah Mendengkur "

Post a Comment

Kometar akan dimoderasi dahulu.
Pergunakan kata-kata yang baik dan sopan
Komentar berupa pertanyaan akan dijawab langsung oleh dokter