Kelelahan Salah Satu Penyebab Penyakit Darah Tinggi





Pada pembahasan yang lalu kita sudah membahas tentang hipertensi atau darah tinggi. Kali ini kita akan membahas fakta bahwa kelelahan dapat menyebabkan darah tinggi atau hipertensi.
Gejala yang sering timbul pada hipertensi karena kelelahan adalah sulit tidur dan sakit kepala. Padahal untuk kembali bisa berfungsi normal, otak manusia harus beristirahat juga dengan tidur, otot-otot juga demikian. 

 

Mengapa pada Kelelahan bisa hipertensi atau darah tinggi?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang penyebab hipertensi, saya akan sedikit memberikan gambaran kembali tentang mengapa bisa terjadi hipertensi. Saya akan mencoba menjelaskannya secara poin perpoin agar mudah ditangkap oleh kita semua.

# Pembuluh Darah dan Jantung kunci pengaturan tekanan darah

Seperti yang kita pahami bahwa hipertensi adalah penyakit tekanan darah tinggi. Tekanan darah yang mana yang meninggi?
Tentu saja tekanan yang ada di dalam pembuluh darah. Jantung secara normal akan memberikan tekanan yang cukup agar darah dapat mengalir dalam pembuluh darah dan beredar ke seluruh tubuh. Tentu saja darah tersebut akan kembali lagi ke jantung karena tekanan yang dihasilkan oleh jantung kita. 

Tekanan yang dihasilkan oleh jantung sangat dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya : curah jantung, resistensi perifer.

Jaringan perifer tersebut adalah organ-organ tubuh manusia, misalnya kulit,
otot, ginjal dan lain sebagainya. Nah, semakin keras organ yang dilewati, maka akan semakin besar pula tekanan yang dibutuhkan untuk menembusnya.

# Otot Turut Mengatur Resistensi atau Tahanan Perifer Pembuluh darah

Pada keadaan kelelahan, otot-otot akan mengalami ketegangan. Akibatnya, pembuluh darah yang ada di dalam otot-otot tersebut pun akan mengalami penekanan, sehingga untuk melewati otot tersebut dibutuhkan tekanan darah yang lebih tinggi. Tekanan darah ini lah yang kemudian akan diukur oleh alat tensimeter saat kita kelelahan.

Mungkin kita sebenarnya sudah pernah mengetahui dari orang tua kita yang sering darah (tekanan darah) nya tinggi akibat terlalu lelah. Bekerja di sawah, jadi kuli bangunan, lalu pulang-pulang kepalanya pusing karena terlalu lelah dan tekanan darahnya jadi tinggi.
 
Gambaran simple nya seperti itu, namun sebenarnya ada banyak mekanisme fisiologis yang bila dijelaskan tentu malah akan membingungkan, maka saya persingkat saja seperti itu.

# Terapi Hipertensi dengan Pijat atau Massase atau akupressure

Kelelahan otot biasanya ditimbulkan karena adanya timbunan asam laktat hasil dari proses oksidasi anaerob dalam otot itu sendiri. Terapi yang paling sederhana adalah melakukan pemijatan pada daerah otot-otot tersebut sehingga asam laktat yang ditimbun dalam otot tadi dapat dikeluarkan dan diangkut oleh darah untuk diolah, sehingga tidak menimbulkan kelelahan. 

Untuk mengurangi kelelahan tersebut bisa juga dilakukan kompres hangat atau terapi uap hangat atau sauna, namun ini membutuhkan sumber daya lebih banyak.

Itulah penjelasan singkat mengapa kelelahan bisa menimbulkan hipertensi. Semoga Bermanfaat

0 Response to "Kelelahan Salah Satu Penyebab Penyakit Darah Tinggi"

Post a Comment

Kometar akan dimoderasi dahulu.
Pergunakan kata-kata yang baik dan sopan
Komentar berupa pertanyaan akan dijawab langsung oleh dokter