Sudah Pengobatan Flek Paru 6 Bulan tapi kok masih Batuk dan Sesak





Pengobatan TB paru

Dok, pada tahun lalu ibu saya di diagnosis penyakit flek paru atau TB Paru oleh dokter di sebuah rumah sakit pemerintah, kemudian menjalani pengobatan selama 6 bulan melalui program pemerintah secara gratis. Setelah selesai pengobatan kok beliau masih batuk dan sesak ya dok? Apakah penyakit TB Paru nya belum sembuh atau kambuh lagi? Terima kasih

Jawaban :
Terima kasih atas pertanyaannya.
Saya akan menjawabnya dalam beberapa poin ringkas, semoga bermanfaat.

Flek Paru atau TB Paru - Jantungparu.blogspot.com

Perlu kita ketahui bahwa TB Paru adalah penyakit radang kronis spesifik yang menyerang jaringan paru paru manusia. Gambaran Rontgen nya biasanya berupa gambaran flek-flek pada jaringan paru paru. Rata rata pasien TB Paru baru memeriksakan diri setelah mereka mengalami sesak nafas, atau batuk darah, nyeri dada dan gejala lain yang menunjukkan bahwa kerusakan paru paru nya sudah luas atau parah. Padahal apabila sejak awal pasien memeriksakan diri ke dokter atau fasilitas kesehatan yang tepat, tentu tidak akan sampai menimbulkan kerusakan paru paru yang parah.

# Jaringan Paru paru bisa mengalami Kecacatan karena infeksi TB Paru

Jaringan paru paru bisa di ibaratkan kulit. Kulit setelah mengalami infeksi atau luka, maka akan ada tanda sisa luka tersebut, pada keadaan tertentu bisa terjadi keloid. Begitu juga dengan paru paru, setelah sembuh dari proses infeksi kuman TB, dengan obat TB Paru tentunya, maka akan ada jaringan sel paru paru yang mengalami kematian sehingga menimbulkan kecacatan. Kecacatan ini akan bertahan seumur hidup dan tidak bisa dikoreksi. Kecacatan ini sering mengakibatkan gejala sesak dan batuk pada orang yang telah selesai menjalani pengobatan TB Paru selama 6 bulan. 

Namun ada juga pasien yang sudah menjalani pengobatan TB paru selama 6 bulan, paru parunya tetap bagus tidak mengalami kecacatan, hal itu tergantung parahnya sakit Tb Paru dan cepatnya pasien mendapat pengobatan yang tepat.

Pasien dengan Riwayat Pengobatan TB Paru mudah Mengalami Kekambuhan

Pada beberapa pasien memang pernah dijumpai adanya kekambuhan, tapi itu adalah kasus yang jarang. Para dokter sering sulit menentukan apakah ini suatu kasus TB Paru kambuh atau kasus re infeksi (terkena infeksi baru lagi). 

# Pasien dengan Riwayat TB biasanya mudah sakit batuk sesak

Pasien dengan riwayat Pengobatan TB Paru biasanya memang mempunyai kecacatan pada paru nya. Biasanya pada pemeriksaan Foto Rontgen Dada, dokter spesialis radiologi memberikan gambaran adanya fibrosis dan kalsifikasi. Jaringan paru paru yang mengalami fibrosis dan kalsifikasi inilah yang nanti akan mudah dihinggapi kuman baru, mungkin kuman TB atau kuman kuman yang lain. Jadi memang mungkin, pasien dengan riwayat pengobata TB Paru akan lebih sering sakit batuk dan sesak. Apabila ada gejala batuk dan sesak, kami sarankan segera periksakan diri ke dokter agar penyakit tidak sampai menyerang paru paru.

# Pasien dengan Riwayat Pengobatan TB Paru rentan Kambuh Penyakit TB nya

Kasus reinfeksi juga tidak boleh di kesampingkan, karena biasanya pasien yang menderita TB paru adalah pasien yang mempunyai kebiasaan hidup yang tidak baik, lingkungan yang kotor, rumah yang tidak sehat dan lain sebagainya. Dokter bisa saja memberikan obat TB Paru kepada pasien, namun tanpa adanya modifikasi atau perubahan gaya hidup, kebersihan lingkungan dan rumah, akan sulit sekali pasien sembuh akibat re-infeksi tadi. 

Dengan Pengobatan 6 bulan secara tepat, Kuman TB Paru mati. Namun gejala seperti batuk dan sesak biasanya akan tetap bertahan karena merupakan bagian dari kecacatan pada paru parunya. Sebaiknya bisa mengikuti program fisioterapi nafas untuk memperkecil keterbatasan pernafasannya. Terima kasih

0 Response to "Sudah Pengobatan Flek Paru 6 Bulan tapi kok masih Batuk dan Sesak"

Post a Comment

Kometar akan dimoderasi dahulu.
Pergunakan kata-kata yang baik dan sopan
Komentar berupa pertanyaan akan dijawab langsung oleh dokter