Jantung Bengkak, Apa yang harus dilakukan?





Selamat siang dok, beberapa hari yang lalu saya mengantarkan ibu saya periksa Ronsen Dada di sebuah Lab Swasta. Menurut petugasnya ibu saya menderita jantung bengkak. Mohon penjelasan tentang penyakit jantung bengkak, dan apa yang harus dilakukan agar jantungnya tidak bengkak, terima kasih

Jawab :
Dalam istilah kedokteran, istilah jantung bengkak mungkin yang dimaksud adalah cardiomegali. Cardiomegali adalah kelainan ukuran jantung dimana rasio besar jantung terhadap rongga dada atau CTR > 50%.
Keadaan ini biasanya akan menimbulkan gejala sesak nafas karena jantung membesar menekan paru-paru dan organ lain di dalam rongga dada.


Apakah Jantung Bengkak Berbahaya? - Jantungparu.blogspot.com

Cardiomegali atau jantung bengkak bisa berbahaya bisa juga tidak. Penyakit ini bisa terjadi karena komplikasi penyakit lain, misalnya penyakit tekanan darah tinggi menahun, penyakit diabetes melitus atau kencing manis, penyakit ginjal atau penyakit paru-paru. Apabila anda mempunyai penyakit-penyakit tersebut saya sarankan anda memeriksakan diri rutin ke dokter untuk pengobatan yang tepat. 

# Apa saja Penyebab Jantung Bengkak?

Seperti yang sudah saya terangkan diatas, penyakit jantung bengkak atau pembengkakan jantung bisa diakibatkan oleh penyakit seperti penyakit diabetes melitus atau kencing manis, penyakit paru-paru terutama PPOK, penyakit ginjal, dan yang paling sering adalah penyakit hipertensi atau darah tinggi. Penyakit-penyakit tersebut membuat otot otot jantung mengalami hipertrofi atau pembesaran akibat kerja yang semakin berat. Sama seperti otot bisep pada lengan, kalau diberikan beban yang berat maka otot tersebut akan membesar. Pembesaran jantung juga merupakan respon kompensasi terhadap perubahan-perubahan dalam tubuh manusia, respon kompensasi tekanan darah adalah yang paling sering.

# Apakah penyakit jantung bengkak akan menular kepada anak-anaknya dan apa faktor resiko nya?

Pembengkakan jantung bisa diturunkan secara genetik, sama dengan penyakit-penyakit lainnya. Umumnya bukan hanya penyakit jantung bengkak yang diturunkan, juga penyakit-penyakit lain yang mengakibatkan jantung bengkak seperti darah tinggi dan diabetes melitus (kencing manis). Selain itu, pola hidup satu keluarga biasanya lebih cenderung mirip sehingga bila orang tuanya mempunyai penyakit jantung bengkak maka akan menjadi faktor resiko penyakit jantung bengkak. 

# Bagaimana Cara Mengecilkan Jantung Bengkak?

Caranya mengecilkan jantung bengkak adalah dengan mengobati penyakit penyertanya dan mengendalikan faktor resiko nya. Kelihatannya mudah tapi ini sangat sulit. Faktanya orang sudah mengalami pembengkakan jantung akan mengalami progresifitas dibandingkan dengan pengecilan jantung. Mengubah lifestyle, kebiasaan makan, minum obat teratur, istirahat yang cukup, olahraga teratur adalah sesuatu yang amat sulit dilakukan.
Akibatnya banyak pasien yang justru masuk kepada penyakit gagal jantung atau HF. Keluhannya biasanya sesak bila melakukan aktivitas, sering terbangun sesak pada malam hari, batuk kering (tidak berdahak).

# Jantung Bengkak atau Cardiomegali adalah salah satu kriteria Gagal Jantung

Bila jantung sudah tidak bisa melakukan kompensasi terhadap perubahan hemodinamik dalam tubuh, maka akan terjadi gejala-gejala Gagal Jantung. Cardiomegali merupakan salah satu kriteria dalam kriteria mayor diagnosis Gagal Jantung menurut Framingham. Untuk mengetahui apakah gejala cardiomegali anda sudah mengakibatkan gagal jantung, silahkan memeriksakan diri ke dokter.

Apabila ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar, terima kasih

0 Response to "Jantung Bengkak, Apa yang harus dilakukan?"

Post a Comment

Kometar akan dimoderasi dahulu.
Pergunakan kata-kata yang baik dan sopan
Komentar berupa pertanyaan akan dijawab langsung oleh dokter