Apakah Pengobatan Paru-Paru Basah Harus 6 bulan





Selamat siang dok, saya mau tanya. Beberapa minggu yang lalu anak saya sesak dan demam, kemudian dirawat di puskesmas. Menurut dokter yang merawat, anak saya terkena paru-paru basah. Anak saya dirawat selama 3 hari, setelah itu kontrol seminggu kemudian, pertanyaan saya :
1. Kata teman saya, paru-paru basah harus pengobatan 6 bulan ya dok? kalau terlalu lama saya kasihan anak saya
2. Apakah paru-paru basah ini berbahaya dok? dan bagaimana mencegah nya? terima kasih
Tanya Jawab Konsultasi

Jawab :
Kami ucapkan terima kasih atas pertanyaannya di jantungparu.blogspot.com
Paru-paru basah adalah awam untuk penyakit pneumonia atau radang paru-paru. Penyakit ini sering menyerang anak-anak dan orang tua atau lansia yang kekebalan tubuhnya rendah.

Penyakit ini bisa disebabkan oleh kuman bakteri, virus, jamur atau akibat aspirasi cairan karena tersedak misalnya. Gejala paru-paru basah bisa berbeda-beda tergantung tingkat keparahannya, gejala yang umum dirasakan : 
 
  1. Demam, berkeringat, menggigil
  2. Batuk, biasanya berdahak warna putih kekuningan
  3. Sesak napas
  4. Nyeri dada
  5. Mual muntah
  6. Lemas
Pengobatannya biasanya sesuai dengan tingkat keparahannya. Bila paru-paru basah ringan, biasanya dokter akan memberikan terapi suportif saja. Apabila berat, mungkin akan diberikan terapi yang lebih intensif lagi dengan rawat inap di Rumah Sakit.

Pengobatan Paru-paru basah tidak harus 6 bulan. Mungkin yang dimaksud oleh rekan anda adalah pengobatan pada infeksi paru TBC (tuberkulosis). Pada TB Paru, memang harus pengobatan selama 6 bulan dan tidak boleh putus.

Apakah Pneumonia berbahaya?

Pneumonia bisa berbahaya kalau menyerang penderita yang daya tahan tubuhnya lemah. Bahkan banyak kematian pada anak akibat pneumonia ini. Maka harus tetap berhati-hati.

Jaga kesehatan buah hati, kebersihan lingkungan termasuk tempat tinggal, kamar dan tempat bermain anak dan jangan lupa makan makanan yang bergizi. 4 Sehat 5 Sempurna

0 Response to "Apakah Pengobatan Paru-Paru Basah Harus 6 bulan"

Post a Comment

Kometar akan dimoderasi dahulu.
Pergunakan kata-kata yang baik dan sopan
Komentar berupa pertanyaan akan dijawab langsung oleh dokter